Kamis, 16 Agustus 2018

Laporan observasi tentang organisasi disekolah

Definisi Umum

Organisasi ialah merupakan salah satu perkumpulan orang-orang yang telah di bentuk dalam sebuah kelompok yang mana kelompok atau organisasi ini bertugas untuk saling bekerjasama demi menggapai keberhasilan dan tujuan bersama. Organisasi ada dimana saja, entah itu dilingkungan rumah, lingkungan sekolah, lingkungan kantor, atau lingkungan umum lainnya.

Salah satu contoh organisasi adalah OSIS. OSIS merupakan salah satu contoh organisasi di sekolah, selain OSIS ada juga MPK.

OSIS merupakan singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Sedangkan MPK merupakan singkatan dari Majelis Perwakilan Kelas. Jabatan MPK lebih tinggi dari OSIS karena MPK bertugas mengawasi pekerjaan OSIS.

Definisi Bagian


Struktur Organisasi OSIS sesuai jabatan terbagi 2 kelompok, yaitu OSIS Inti dan OSIS Seksi Bidang. Biasanya OSIS Inti terdiri dari 9 orang yakni, Ketua, wakil ketua 1 dan 2, sekretaris 1 dan 2, Bendahara 1 dan 2, Humas 1 dan 2. Sedangkan, anggota OSIS Sekbid (Seksi Bidang) tergantung dari sekolah masing-masing. Jabatan mereka hanya berlangsung selama satu tahun.


Struktur Organisasi MPK biasanya terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil sekretaris 1 dan 2, Bendahara, 4 Divisi. Struktur anggota tersebut dapat berbeda-beda di setiap sekolah. Sama seperti OSIS jabatan MPK hanya satu tahun.


Definisi Manfaat



Mungkin bagi kalian yang berfikir bahwa ikut organisasi disekolah itu hanya menambah beban karena sering rapat, punya tanggung jawab berat, sering disuruh untuk mengurusi acara sekolah, atau alasan yang merepotkan lainnya.



Tanpa kita tahu ikut dalam sebuah organisasi dapat melatih kita untuk bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan, selain itu kita juga dapat menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi, kita juga bisa menambah pengalaman serta wawasan, dan juga kita bisa melatih kemampuan berkomunikasi kita dengan orang banyak atau bisa disebut dengan public speaking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTIONSCRIPT

     ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMA SCRIPT, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat l...