Selasa, 14 Agustus 2018

Prinsip Prinsip Dalam Desain Grafis


A.  Hierarki Visual





           Prinsip Hiraki visual merupakan prinsip yang mengatur elemen-elemen mengikuti perhatian yang berhubungan secara langsung dengan titik fokus. Titik fokus merupakan perhatian yang pertama, kemudian baru diikuti perhatian ke yang lainnya. Tiga pertanyaan penting mengenai hirarki visual adalah ”
            - Mana yang Anda lihat pertama?
            - Mana yang Anda lihat kedua?
            - Mana yang Anda liha ketiga ?

B. Penekanan (Emphasis/Focus)
         





           Setiap bentuk desain ada hal yang perlu ditonjolkan lebih dari yang lain. Tujuan utama dari penekanan ini adalah untuk mewujudkan hal itu sehingga dapat mengarahkan pandangan khalayak sehingga apa yang mau disampaikan tersalur.
C. Kesatuan (Unity)






     Unity adalah kesatuan yang digubah melalui unsur yang mendominasi dan kurang mendominasi serta kedekatan dalam komposisi dalam suatu karya seni. Dominasi diupayakan melalui ukuran, letak, perbedaan atau pengecualian. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai harmonisasi/keselarasan. Beberapa prinsip membuat kesatuan:

a)   Hubungan, mengulang suatu elemen.
b)   Grid, membagi elemen.
c)   Kesejajaran, hubungan visual.
d)   Aliran, prinsip pergerakan.

D. Keseimbangan (Balance)

      


  

   

      Adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Karya desain grafis hendaknya memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah. Ibarat melihat pohon yang hamper roboh akan membuat kita tidak nyaman dan cenderung gelisah.

E. Repetisi (Rhtym)






      Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk – bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk – bentuk unsur rupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTIONSCRIPT

     ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMA SCRIPT, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat l...