Rabu, 27 Februari 2019

Sistem Komputer

Peripheral Input Device

Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer.

Keyboard


Hasil gambar untuk keyboard

      Keyboard adalah hardware unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard bisa digunakan untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard yang kita kenal sekarang memiliki beberapa jenis port, misalnya port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis pertama pada contoh diatas yaitu QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. type writer key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

   Mouse


Hasil gambar untuk mouse

    Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor dengan digerakan menggunakan tangan kita. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard yang harus memasukan kombinasi key.

   Touchpad


Hasil gambar untuk touchpad

     Unit input ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari, umumnya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit input yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball. 

    Light Pen


Hasil gambar untuk light pen

      Light pen adalah pointer elektronik yang umumnya dipakai untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian akan direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik per detik setiap baris.

    Joy Stick dan Games Paddle


Hasil gambar untuk joy stick dan games paddle

      Bagi Kamu para pecinta games pasti sudah familiar dengan alat ini dong, alat masukan ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek / karakter game dalam komputer.

    Barcode Reader


Hasil gambar untuk barcode reader input device

      Barcode termasuk dalam jenis perangkat masukan (input device) yang berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku yang bisa dengan mudah kita jumpai di super market atau swalayan.

    Scanner


Hasil gambar untuk scanner

      Scanner adalah sebuah alat masukan yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks dari kertas misalnya yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam hard disk ataupun floppy disk dalam bentuk soft-copy. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas (hard-copy) sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar (soft-copy). Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer untuk meneliti jawaban hasil ujian nasional misalnya.

    Mikropon dan Headphone


Hasil gambar untuk mikropon dan headphone

      Unit input ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan di-save ke dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat bercakap-cakap dengan orang yang kita inginkan pada saat chating.
   Graphics Pads

Hasil gambar untuk graphics pad

      Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan alat masukan bernama Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor, prinsipnya hampir sama dengan Lights Pen. (Zulkarnain, 2012).

Process device (unit Pemrosesan)

Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalahCentral Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
A. Power Supplay
Hasil gambar untuk power supply
Power supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
B. RAM (Random Access Memory) – Memory
Gambar terkait
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
C. Kartu grafis (unit keluaran)
Hasil gambar untuk kartu grafis
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
D. Prosesor (unit pemprosesan)
Hasil gambar untuk Prosesor
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.
E. Motherboard (unit pemprosesan)
Gambar terkait
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

Pengertian Peripheral  Output Komputer

Alat Keluaran (Output Device) adalah perangkat keras komputer yangberfungsi untuk menampilkan / mencetak keluaran sebagai hasil pengolahandata.Alat keluaran terdiri atas hard copy, softcopy. Alat keluaran yang termasuksoftcopy menghasilkan keluaran yang berupa tampilan pada monitor atau berupasuara, sedangkan alat keluaran yang berupa hardcopy memberikan keluaran berupabahan cetakan, entah berupa kertas, plastik transparan, microfilm, atau microfiche.Contoh alat keluaran adalah printer, plotter, monitor, LCD monitor, speaker, dan lainlain. (Kebudayaan, 2016)
Monitor

Hasil gambar untuk monitor

    Monitor merupakanvperiferal komputer yang digunakan untuk menampilkan data yang sedang diproses oleh sistem komputer yang selanjutnya ditampilkan kepada pengguna. Pada umumnya, perangkat ini terdiri atas dua jenis yakni LCD Monitor (Liquid Cristal Display) dan CRT Monitor (Catoda Ray Tube). Jenis monitor yang paling baik digunakan adalah jenis LCD monitor karena memiliki radiasi sinar yang lebih rendah dan lebih hemat listrik dibandingkan dengan CRT monitor.

   Printer


Hasil gambar untuk printer

     Printer merupakan perangkat keluaran yang dipakai untuk mencetak data pada dokumen yang biasanyaberupa kertas. Printer sekarang, bukan hanya sebagai pencetak dokumen saja, namun sudah dilengkapi dengan scanner dan alat lain seperti card leader, LAN dan sebagainya sehingga tulisan di kertas bisa kita scan untuk diambil soft-copy. Terdapat beberapa jenis printer yaitu Buble Jet, Laser Jet, Ink Jet, Dot Metric, Dye Sublimation. Dari berbagai jenis printer tersebut yang memiliki kecepatan cetak paling cepat ialah Laser Jet yang menggunakan Toner sebagai “Tinta”. (Audianingrum, 2013)

   Plotter

Hasil gambar untuk plotter

    Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus untuk menghasilkan keluaran komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan perangkat ini ke dalam sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada dengan lebih nyata. (Muhammad Ghufron, 2013)

   Speaker


Hasil gambar untuk speaker

    Speaker merupakan peralatan keluaran pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan keluaran berupa suara. Speaker akan terhubung dengan sound card pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer tersebut.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTIONSCRIPT

     ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMA SCRIPT, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat l...