Minggu, 21 Juli 2019

Desain Grafis Percetakan

UNSUR-UNSUR TATA LETAK

1.  Garis

      Secara umum garis terdiri dari unsur-unsur titik yang juga memiliki peran tersendiri, unsur titik juga bisa ikut mendukung keindahan. Bentuk garis dapat bersifat lurus atau lengkung, namun keduanya mempunyai bentuk dan karakter yang berbeda. Antara garis lurus dengan garis lurus lainnya terdapat pula perbedaan, misalnya berbeda dalam tekanan, ketebalan, dan letak di mana masing-masing memiliki karakter tersendiri. Sifat garis umum dikenal yaitu lurus, lengkung, dan bersudut.
     Dalam penggunaan garis memiliki arah seperti horizontal, vertikal dan diagonal. Garispun mempunyai dimensi seperti tebal, tipis, panjang, pendek, dan saling berhubungan dalam bentuk garis paralel atau sejajar, garis memancar atau radiasi dan garis roling yang berlawanan. Adapun bentuk-bentuk dari garis tersebut sebagai berikut :
a.  Garis lurus yaitu garis yang digunakan sebagai penunjukan yang disertai kualitas tertentu, misalnya kekuatan, stabilitas, aspirasi, ketenangan, dan lain-lain.
b.  Garis vertikal yaitu garis yang berdiri tegak lurus, memberikan kesan kekuatan yang bergerak ke atas.
c.  Garis horizontal yaitu garis yang terletak mendatar, sejajar dengan cakrawala atau horizon, dan memberi kesan ketenangan serta membuat mata seolah-olah tergerak dari arah kiri ke kanan.
d.   Garis diagonal atau oblique yaitu arah garis bisa miring ke kiri atau ke kanan, memberi kesan aman, gerakan, semangat, gelora, serta perlawanan.
e.  Garis lengkung yaitu garis lurus yang bengkok berupa suatu lengkungan yang mampu menimbulkan perasaan kuat, lemah, sensitif, dan ekspresif.
f.   Garis-garis berlawanan yaitu arah garis berlawanan secara tidak langsung akan terlihat adanya perbedaan atau pertentangan dalam hal posisi atau letak. 
g.   Garis transisi yaitu garis yang dapat mengarahkan mata dari satu bidang ke bidang lain. 
h.   Garis berselang yaitu garis pendek yang bisa bergantian dengan garis panjang atau garis lurus berselang-seling dengan garis lengkung.
2. Tekstur

     Pada umumnya tekstur berkaitan dengan indera peraba dan indera penglihatan. Tekstur adalah sifat dan kualitas fisik dari permukaan suatu bahan, seperti kasar, kilap, pudar, dan kusam yang dapat diaplikasikan secara serasi atau berupa pengulangan-pengulangan untuk suatu desain.
3. Warna
     Warna memiliki pengaruh besar dalam komunikasi grafis agar mampu menimbulkan daya tarik. Kolaborasi warna memiliki karakter atau sifat yang berbeda-beda antara lain :
a.    Biru tua melambangkan peraaan yang mendalam;
b.    Biru hijau melambangkan elastisitas keinginan;
c.    Merah oranye melambangkan keinginan yang kuat; dan
d.    Kuning terang melambangkan spontanitas eksentrik.
4. Tipografi
    Tipografi merupakan seni grafis dalam memilih, menyusun, dan mengatur tata letak dan jenis huruf dengan tujuan sebagai pendukung pesan atau karakter desain. Penggunaan huruf dapat diklasifikasikan menjadi beberapa karakter antara lain :
a.  Karakter tegas dapat terwakili oleh jenis huruf yang tegak dan tebal;
b. Karakter dinamis dapat terwakili oleh jenis huruf yang miring atau jenis huruf yang terkesan bebas dan spontan ;
c.  Karakter lembut dapat terwakili oleh jenis huruf yang melengkung-lengkung; dan
d.  Karakter ringan dapat terwakili oleh jenis-jenis huruf yang tipis dan simpel.

APA ITU HIERARKI

     Hierarki visual merupakan salah satu prinsip terpenting yang ada dibalik setiap desain website. Hal ini bertujuan agar desain website kamu selaras dengan konten yang akan dimuat. Prinsip hirarki visual dalam desain website harus benar-benar diikuti oleh para desainer grafis, sebab prinsip ini mengatur elemen-elemen mengikuti perhatian yang berhubungan secara langsung dengan titik fokus.

APA ITU BIDANG

     Bidang atau Shape adalah segala bentuk apapun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar. Bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris (lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran dan sebagainya) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan. Bidang geometris memiliki kesan formal, sebaliknya, bidang non geometris memiliki kesan tidak formal dan dinamis. Bidang terbagi menjadi 2 macam:

a) Bidang alamiah
yaitu bidang yang tidak sengaja dibuat contohnya bidang lapangan, taman, sawah, langit, laut, dan sebagainya.

image

b) Bidang buatan
yaitu bidang yang sengaja dibuat misalnya bidang segitiga, persegi, persegi panjang, dan sebagainya.
image


Ilustrasi

     Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrate yang berarti menjelaskan, jadi gambar ilustrasi yakni unsur tata letak dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu maksud atau pesan. Yang tujuannya untuk menerangkan atau sebagai penghias dalam desain tata letak. Berdasarkan image atau model, ilustrasi di bagi menjadi dua:

a. Ilustrasi image bitmap
yaitu ilustrasi yang dibentuk oleh susunan raster atau pixel atau titik koordinat dalam suatu grid. 
format file: BMP, PCX dan TIFF.

b. Ilustrasi image vector
yaitu ilustrasi yang dibentuk oleh serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam ,garis  dan bagian bagian lain yang saliong berhubungan dalam sebuah gambar. 
format file: swf, cdr, dan wnf.

APA ITU READABILITY DAN LEGIBILITY

Readability adalah tingkat kenyamanan / kemudahan suatu susunan huruf saat dibaca, yang dipengaruhi oleh: Jenis huruf, ukuran, pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, kerning, perataan, dan sebagainya.

Legibility adalah tingkat keterdeteksian huruf saat dipotong dengan ekstrim hingga bagian tertentu yang masih bisa dikenali.

APA ITU TIPOGRAFI

     Tipografiseni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
     Dikenal pula seni rupa huruf (type design), yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni rupa huruf, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTIONSCRIPT

     ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMA SCRIPT, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat l...