Senin, 06 Agustus 2018

Pengertian Komputer

PENGERTIAN KOMPUTER

Gambar terkait

     Komputer adalah alat atau perangkat yang dapat mengolah data dan informasi untuk membantu pekerjaan manusia. Perbedaan antara data dengan informasi, data ialah catatan atas kumpulan fakta atau suatu fakta-fakta tertentu sehingga menghasilkan suatu kesimpulan dalam menarik suatu keputusan, sedangkan informasi ialah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Unsur penting komputer terbagi 2, yaitu Hardware (Perangkat Keras) dan Software (Perangkat Lunak)

  • Hardware adalah perangkat yang dapat kita sentuh seperti perangkat pemasukan, perangkat pemrosesan, perangkat keluaran dan perangkat penyimpananAlat-alat penyusun perangkat keras biasanya canggih sehingga dapat membentuk komputer yang bekerja berdasarkan perintah. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh komputer, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktivitas pada mesin dan menjalankannya sesuai susunan perintahnya. Pada perangkat keras terdapat processing device (CPU), input device, output device, dan storage device.
  • Software adalah prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Data elektronik merupakan bentuk software program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah. Pada perangkat lunak terdapat operating system (OS), application program dan language program.

Sedangkan susunan perintah komputer sebagai berikut: 

INPUT (masukkan) - PROSES - OUTPUT (keluaran)

1) Input Device (alat masukkan)

Alat yang digunakan untuk menerima masuk data dan program yang akan diproses di dalam computer. Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk menghasilkan informasi yang diperlukan. Contoh Input Device antara lain:
     
       a) Keyboard (papan kekunci)
        
    
      b) Mouse (tetikus)
           
      
      c) Scanner (alat pemindah)
           

2) Proses Device (alat proses)


Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.

3) Output Device (alat keluaran)

Alat yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil daripada proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Output yang dihasilkan adalah seperti:
 

- Tulisan
- Image
- Suara

Contoh Output Device antara lain:

      a) Monitor
          

     b) Printer
         

     c) Speaker
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTIONSCRIPT

     ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMA SCRIPT, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat l...