Rabu, 30 Januari 2019

SISTEM KOMPUTER


SISTEM DAN CARA KERJA CPU PADA SISTEM KOMPUTER

Hasil gambar untuk komponen cpu dan fungsinya beserta gambarnya


Central Processing Unit atau disingkat CPU biasanya juga disebut prosessor. Di dalam sistem komputer, piranti ini memegang peran yang sangat penting.


      Unit pemrosesan sentral (CPU) adalah sirkuit elektronik dalam komputer yang menjalankan instruksi program komputer dengan melakukan operasi aritmatika dasar, logis, kontrol dan input / output (I / O) yang ditentukan oleh instruksi. Industri komputer telah menggunakan istilah “unit pemrosesan pusat” setidaknya sejak awal 1960-an. Secara tradisional, istilah “CPU” mengacu pada prosesor, lebih khusus untuk unit pemrosesan dan unit kontrol (CU), yang membedakan elemen inti ini dari komputer dari komponen eksternal seperti memori utama dan I / O sirkuit.

      Bentuk, desain, dan implementasi CPU telah berubah sepanjang sejarah mereka, tetapi operasi fundamental mereka tetap hampir tidak berubah. Komponen utama dari CPU termasuk unit logika aritmatika (ALU) yang melakukan operasi aritmatika dan logika, register prosesor yang memasok operan ke ALU dan menyimpan hasil operasi ALU dan unit kontrol yang mengatur pengambilan (dari memori) dan eksekusi dari instruksi dengan mengarahkan operasi terkoordinasi dari ALU, register dan komponen lainnya.
     CPU merupakan bagian fungsional yang utama dari sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari sebuah komputer. Di dalam CPU inilah semua kerja komputer dilakukan. Hal-hal yang perlu dilakukan CPU adalah:
  1. Membaca, mengkodekan dan mengeksekusi instruksi program
  2. Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian input/output.
  3. Merespon interupsi dari luar. menyediakan clock dan sinyal kontrol kepada sistem.

CARA KERJA CPU 


Adapun cara kerja dari CPU dapat dilihat dari urutannya sebagai berikut:
1. Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage);
2. Apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage).
3. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter.
4. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.
5.  Hasilnya ditampung di Accumulator.
6. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.
7. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

Hasil gambar untuk sistem cpu pada sistem komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTIONSCRIPT

     ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMA SCRIPT, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat l...